3 Aksesoris Ini Dapat Merusak Port USB Laptop

Universal Serial Bus (USB) merupakan tipe konektor yang sudah umum diterapkan pada semua device di dunia. Mulai dari kabel data untuk printer, keyboard, bahkan smartphone. Saking terbiasanya memakai perangkat berbasis USB, tak terhitung berapa kali dalam sehari kita menggunakan port (lubang) USB laptop. Nah, inilah yang sering kali tak menjadi perhatian kita. Ternyata ada beberapa alat berbasis USB yang jika digunakan dalam jangka panjang akan merusak port USB laptop. Apa sajakah alat tersebut? Yuk, kita simak ulasan berikut.


Jangan Gunakan 3 Aksesoris Ini Dapat Merusak Port USB Laptop


  • Cooling Pad

Sering kali kita menggunakan cooling pad sebagai usaha untuk mendinginkan laptop. Namun, jika cooling pad digunakan berjam-jam, hal itu akan mengurangi umur wajar port USB laptop kamu. Sebaiknya gunakan cooling pad hanya saat laptop kamu benar-benar terasa panas, dan jangan digunakan lebih dari satu jam.

Untuk menghindari panas berlebih, tutup aplikasi yang tidak kamu gunakan agar kinerja RAM tidak terlalu berat. RAM yang bekerja lebih akan menambah panas laptop kamu.
  • Kipas Kecil USB

Saat ini kipas kecil dengan konektor USB sudah umum beredar di pasaran. Selain harganya murah, sifat praktisnya juga sering kali dilirik. Jika kamu tertarik untuk membeli kipas tersebut, sebaiknya pikirkan dua kali.

Untuk menyalakan kipas ini, dibutuhkan voltase yang lebih tinggi dibandingkan dengan cooling pad. Jadi, tidak mengherankan jika tiba-tiba port USB laptop kamu tidak berfungsi setelah menggunakan kipas ini.
  • LED USB


Inilah kesalahpahaman yang sering terjadi. Sebenarnya LED USB diproduksi sebagai alternatif penerangan dengan power bank sebagai sumber tenaganya. Jadi penggunaan LED USB pada laptop sangat tidak disarankan. Semoga mulai saat ini kamu mulai mengerti penggunaan LED USB yang benar ya.

Diatas ini adalah beberapa aksesoris Laptop yang dapat merusak Port USB, Semoga artikel di atas dapat membantu anda dan tidak menggunakan produk tersebut lagi.

Sumber Jalantikus.com

Komentar